Pengawasan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa oleh Tim Monev Inspektorat Kabupaten Tuban di Bulum

  • May 16, 2024
  • Bulumeduro

Bulumeduro_Bancar (30/4) Hari ini Selasa, 30 April 2024 Telah dilaksanakan pengawas pengelolaan keuangan di desa Bulumeduro oleh Tim pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Tuban dalam rangka menindaklanjuti surat edaran dari Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban pada tanggal 13 maret 2023 Nomor.100.3.5.3/1324/414.060/2024 tentang Pengelolaan Keuangan Desa T.A 2023 pada desa desa di Kabupaten Tuban. Bulumeduro adalah salah satu desa dari 3 desa ( Tengger Kulon, Boncong, Tlogoagung) di kecamatan Bancar yang akan di kunjungi Tim untuk di adakan pemeriksaan, hal ini merupakan sampling desa yang akan di bimbing agar lebih baik dalam pengelolaan keuangan desanya.

Dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa di desa Bulumeduro hadir Tim Monev Inspektorat yang di pimpin oleh Ibu Nunung dari inspektorat kabupaten Tuban bersama 5 orang anggota Tim, hadir pula bapak Sekcam Bancar Bapak Sholikin dan Bapak Narto dari kasi PMD yang Turut mendampingi serta Tim Pendamping P3MD kabupaten Bapak dadi bersama pendamping desa kecamatan Bancar. Kegiatan diawali dengan Ceremonial yang di buka dengan Sambutan ibu Kepala Desa Bulumeduro ibu Elly dan Pengarahan awal oleh Ketua Tim Monev Kabupaten ibu Nunung. Dilanjutkan dengan Pemeriksaan Dokumen keuangan dan Surat Pertanggungjawaban Belanja (SPJ) masing masing kegiatan.

Dalam proses Pengawasan Pengelolaan Keuangan hari ini, berlangsung dengan tertib dan kondusif dari mulai memeriksa dokumen secara detail dan rinci sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dilanjutkan dengan pengecekan Fisik oleh Tim ahli dari inspektorat di lokasi Bangunan. Bimbingan dan arahan terkait pelaporan SPJ  yang di lakukan oleh Tim inspektorat untuk memastikan bahwa penggunaan Anggaran sudah sesuai dan terealisasi dengan benar, selama proses monev (monitoring dan evaluasi) ada beberapa hal yang sangat membantu para Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) dalam melaporkan kegiatan yang sudah di kerjakan.

Menyikapi pelaksanaan pengawasan pengelolaan keuangan desa oleh Tim Inspektorat, ibu kepala desa Ibu Elly sangat berterima kasih atas arahan dan bimbingan dari Tim Inspektorat, harapan kami setelah kegiatan ini ada dampak yang positif terkait pengelolaan keuangan desa dan bisa menjadikan monev hari ini sebagai Acuan untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan APBDes di tahun tahun selanjutnya, banyak ilmu dan pengalaman yang bisa diambil sehingga dalam melangkah lebih Teliti dan hati hati merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

Selanjutnya langkah langkah perbaikan akan dilakukan Pemdes Bulumeduro dalam rangka menjalankan Pembangunan dan pengelolaan keuangan desa untuk kemajuan desa dan bisa berdampak baik untuk masyarakat dan pemerintah desa.red