Sejarah Desa

Sejarah adalah merupakan diskripsi yang menceritakan peristiwa yang pernah terjadi di waktu lampau baik yang bersifat fiksi dan non fiksi. Seperti halnya sejarah desa yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit untuk dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Secara historisterbentuknya Desa Bulumeduro adalah sebagai berikut: dahulu kala ada tumbuh sebuah perkampungan pesisir laut terletak di utara pualu jawa, tepatnya di dekat perbatasan jawa timur dan jawa tengah. Di perkampungan tersebut 80% penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan dan 20% sebagai petani.

Kemudian selang beberapa tahun, penduduk mulai binggung mencari nama yang cocok untuk perkampungan yang di tempatinya hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang semakin besar. Pada saatnya ada seorang petani heran menemukan keanehan sebuah pohon yang tumbuh di ladangnya tiba-tiba tumbuhbulu pada pohon tersebut. Hal itu yang menjadi berita di perkampungan, akhirnya penduduk sepakat menamai perkampungannya dengan nama “BULU”.

Beberapa tahun kemudian datang sekelompok saudagar dari Madura datang untuk berdagang pakaian, perhiasan dan lain-lain. Kemudian mereka singgah sementara di Bulu, lama kemudian mereka mulai tertarik dan menetap karena di sinilah tempat yang menguntungkan untuk berdagang. Merekapun membentuk keluarga, sebagian mereka ada yang berkeluarga dengan warga Bulu.

Selang tahun kemudian terbentuk dua komunitas penduduk besar yaitu: perkampungan “bulujowo” dan perkampung “bulumeduro”. Bulujowo dihuni oleh penduduk dari asli keturunan jawa sedangkan Bulumeduro dihuni oleh penduduk dari keturunan jawa dan madura. Demikian ringkasan cerita desa bulumeduro.

Sejarah Pemerintahan Desa :

Pada zaman dahulu bulumeduro adalah wilayah yang cukup luas namun kemudian menjadi wilayah yang kecil, karena di sebabkan abrasi air laut, pemekaran wilayah desa dan lain-lain.

Di bulumeduro miliki dua dusun diantaranya: dusun Bulumeduro dan dusun Binangun. SejakterbentukPemerintahan DesaBulumedurotelahmengalamipergantianKepalaDesasebagaiberikut:

  • Tahun 1928– 1944, DesaBulumedurodipimpinolehSodik
  • Tahun 1945 – 1994, DesaBulumedurodipimpinolehMisbah
  • Tahun 1995 – 2003, DesaBulumedurodipimpinolehBakrudin, S.E
  • Tahun2004 – 2006, DesaBulumedurodipimpinolehRoqib(Pj)
  • Tahun 2007 – 2012, DesaBulumedurodipimpinolehBakrudin, S.E
  • Tahun 2013-2019, DesaBulumeduro di pimpinoleh RozanaaliyaHayati

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)